.
LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦ LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦

Monday, March 26, 2018

KODIM 0726/SUKOHARJO LAKSANAKAN PERAWATAN & PENGECEKAN TANAMAN PENGHIJAUAN

Sukoharjo (08/02/18) Kondisi lingkungan harus senantiasa dijaga, dengan kegiatan nyata melalui program penghijauan. Program penghijauan ini nyata sangat bermanfaat membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan lingkungan akibat terjadinya pemanasan global.


Melihat betapa besar potensi manfaat pohon untuk memperbaiki kondisi lingkungan ini, Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa, S.IP,M.Tr (Han) melalui Pasiterdim memerintahkan kepada jajarannya untuk senantiasa mengecek perkembangan pertumbuhan pohon-pohon yang telah ditanam dalam program-program penghijauan selama ini.

Seperti tampak di beberapa Koramil jajaran Kodim 0726/Sukoharjo, saat ini sedang melaksanakan pengecekan pertumbuhan beberapa lokasi kegiatan penghijauan yang selama ini telah mereka laksanakan. Tujuan penngecekan ini dalah agar apa yang sudah diupayakan tidak menjadi sia-sia, jika ada tanaman yang mati agar segera diganti dengan pohon yang baru, jika pertumbuhan tanaman tidak maksimal, maka diadakan pemupukan secara intensif dan penyiangan gulma pengganggu.



Seperti halnya pada hari ini di wilayah Koramil 10 Mojolaban tepatnya di Halaman Ponpes Al Amin Ds Palur Kec .Mojolaban dilaksanakan pengecekan tanaman penghijauan tanggal 13 November 2017 dengan jenis Pohon mangga 3 batang, rambutan3 batang, Sawo 1 batang, alpukat 3 batang, Nangka 1 batang serta Kelengkeng 3 batang. Dalam pemantauan sampai saat ini Minggu (25/03) tanaman tersebut tumbuh dengan subur dan tidak ada yang layu atau mati.

Sedangkan di wilayah Koramil 09 Grogol dilaksanakan pengecekan tanaman penghijauan di lokasi sepanjang jalan RT 01 RW 5 dukuh Mantung desa Sangrahan dan Ponpes Almukmin Ngruki dalam rentang waktu tanam minggu ke 4 September 2017, pada jenis Pohon ambutan 8 batang, mangga 38 batang dan klengkeng 4 batang, semua tumbuh dengan normal hanya perlu menyiangi gulma pengganggu saja.



Sementara itu di wilayah Koramil 12 Bendosari terpantau tanaman penghijauan pohon mangga sebayak 35 batang di lokasi pinggir jalan persawahan di dk jati kujon Rt 01 / Rw 03 , desa Mulur kecamatan Bendosari yang ditanam pada tanggal 5 januari 2017, sampai pada saat dilaksanakan pengecekan pada hari Sabtu (24/03) tanaman tersebut tumbuh dengan subur dan tidak ada yang layu atau mati, hanya perlu perawatan penyiangan tanaman gulma pengganggu saja.




"Ini merupakan upaya kami untuk membantu memperbaiki lingkungan, terbukti secara ilmiah bahwa 1 batang pohon mampu menyerap panas 8x lebih banyak, menghasilkan Oksigen (O2) sebanyak 1/2 Kg/Hari/Pohon, menyerap Karbondioksida (CO2) 14 Kg/Tahun dari polusi udara yang dihasilkan dari pabrik dan kendaraan bermotor serta menyerap debu, sungguh luar biasa", kata Dandim 0726/Sukoharjo.